Sabtu, 17 November 2012

Berita Hadapi Tantangan Dunia Kerja, Perawat Perlu Bangun Soft Skill



Hadapi Tantangan Dunia Kerja, Perawat Perlu Bangun Soft Skill
Mahasiswa Kuliah di Kampus…..pembelajaran isi kurikulum pendidikan dari yang didominasi penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan (hard skills) ke penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan profesional, serta kemampuan hubungan interpersonal (soft skills).
Perawat yang sehari-harinya berinteraksi dengan klien, membutuhkan kemampuan hubungan interpersonal itu untuk bisa merespon secara tepat dan bijak berbagai kebutuhan atau masalah yang dikeluhkan. Sayangnya, dalam realitasnya masih banyak perawat menemui kesulitan bila dihadapkan pada kondisi demikian.

“Hal ini terutama disebabkan ketika di masa pendidikan, mahasiswa lebih banyak diajari hal-hal yang terkait teknis prosedural tanpa mengintegrasikannya dengan kemampuan soft skill ”. Adapun yang termasuk dalam kemampuan hubungan interpersonal adalah kemampuan menumbuhkan percaya diri, memotivasi, menjadi pendengar yang baik, sabar, empati, komunikasi, dan bersikap terpuji dengan menjunjung etika profesi.

Untuk membangun kemampuan hubungan interpersonal mahasiswa keperawatan, mereka perlu dibentuk dengan karakter caring. Konsep yang satu ini memiliki makna yang sangat dalam, bukan hanya bentuk kepedulian atau perhatian, namun juga berimplikasi pada kuatnya komitmen moral dan profesional untuk kesehatan dan kesejahteraan klien.

Menyadari tentang pentingnya soft skill, Prodi Keperawatan NHM pun sudah mulai melakukan berbagai perubahan yang diperlukan. Berbagai prestasi yang diraih mahasiswanya.

Posted By.  Hurriyah / PTIK
                                                                                         Kelompok 5 / Sistem persarafan
                                                                        NGUDIA HUSADA MADURA-BANGKALAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar